Untuk membeli suatu barang biasanya konsumen melihat berdasarkan pada kebutuhan pokok terlebuh dahulu, jika itu semua sudah terpenuhi biasanya mereka akan membeli kebutuhan lainnya. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi  beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3. Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak  barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka  seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar  jarang beli.
4. Perkiraan harga di masa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun  atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung  akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun  suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat  tinggi dibandingkan bulan lainnya.
Macam-Macam Permintaan
a. Permintaan Menurut Daya Beli
1) Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu  barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar.  Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang  itu dan ia mampu membayarnya.
2) Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu  barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi  belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut.
3) Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang  atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut  konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang  diinginkan.
b . Permintaan Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya
1 ) Permintaan individu
Permintaan individu adalah permintaan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
2 ) Permintaan kolektif
Permintaan kolektif atau permintaan pasar adalah kumpulan dari  permintaan-permintaan perorangan/individu atau permintaan secara  keseluruhan para konsumen di pasar.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply)
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen  akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena  takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku  terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan  biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit  oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar  sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris  dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan  tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk  menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga  perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen  yang turun.
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka  konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga  terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan  mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan  bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai  faktor.
Macam-Macam Penawaran
a. Penawaran Individu
Penawaran individu adalah jumlah barang yang akan dijual oleh seorang penjual.
b . Penawaran Kolektif
Penawaran kolektif disebut juga penawaran pasar. Penawaran kolektif  adalah keseluruhan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual di  pasar. Penawaran pasar merupakan penjumlahan dari keseluruhan penawaran  perorangan.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar